Pages

Tuesday, June 28, 2011

Kucel In Memorian

Sedang termenung sendiri seraya iler netes-netes dan mata juling. Benar-benar galau (nempel di jendela). Bukan karena mikirin si nunun gak ketangkep" aku jadi begini. Bukan sama sekali. Percayalah....
Tapi... karena aku sedang teringat sesuatu yang ijo, kecil, imut, selalu bawa tameng. apa hayooo??hayooo apa??gak tau? nyerah...??? ya uda deh aku jawab ya.... jawabannya adalah jenk jenk jenk..
Dia adalah kuceeeellll.... sapa itu kucel???
Agak berat sebenarnya aku menceritakannya, benar-benar menyayat hati kisahnya kawan. Tapi aku harus kuat demi dia.
Baik mari kita mulai...
Beberapa tahun yang lalu saat aku masih berstatus mahasiswi unyu pernah punya piaraan sehewan baby kura-kura. Kenapa aku bisa memelihara dia yang notabenenya aku merupakan penyayang pembunuh binatang.
Awal kisah adalah dulu di jalanan kampus biruku (sebutan kampusku) suka ada orang yang ngejual kura" kecil. Pertama liat aku excited banget. Kura-kura balita jalan mondar mandir di kotak plastik bening yang ada hiasan pepohonan dan batuan. Sungguh menggugah selera keibuanku untuk memeliharanya.
Nah, seorang sahabatku yang emang kerjaannya suka berduaan denganku kalo ngampus (koq agak aneh ya kalimatnya) sedang tersesat di alam bawah sadarnya ngadiahin tu baby kura pas aku ultah ke yang ke-17an lebih dikit (lebih tepatnya 20 tahun ke atas). Mungkin dia menangkap pancaran mupeng dari wajahku tapi gak ada uang niat untuk beli.
Cerita keji pun tercipta. Awalnya aku seneeeng banget dapet kado tu kura. Rasanya seperti membelah angkasa naek paus akrobatik.. (sudah cukup). Aku membayangkan akan melewati hari-hariku berdua dengannya dengan romantisme yang indah. Aku bakal gak konsen kuliah karena dia selalu membayangiku dan ingin cepat-cepat pulang menemuinya.









Si baby kura aku taruh di sebuah wadah plastik punya temen kosku pada saat itu yang uda dia relakan demi menampungnya. Aku isi air wadah tersebut jadi dia bisa berenang dengan gaya kupu-kupu atau gaya dada. Lucu ngeliatnya. Gak lupa juga aku kasi makanan khusus kura. Bentuknya kayak makanan ikan warna warni rasanya manis-manis agak asem gitu deh (sempet aku camilin -.-'). Dalam hati aku berkata, makan yang banyak ya....biar cepet gede. Ntar aku ajakin maen odong-odong deh.
Beberapa hari berlalu. Aku masi rutin ganti air dan ngasi makan. Namun seperti pasangan pada umumnya yang memiliki kesibukan masing-masing, hubungan kami merenggang. Sudah mulai jarang sms-an untuk sekedar tanya uda makan apa belum atau uda cebok gak tadi abis boker. Dia tidak lagi mendapatkan perhatian yang cukup. Pulang ke kos malam hari dengan keadaan capek dan langsung menyapa kasur. Sering lupa ngasi makan apalagi ganti air. Itupun kalo diingetin ama temen-temen kos. Hhhh.... Perlahan tapi pasti dia mulai terlupakan. Aku gak tau lagi perkembangannya. Apa dia uda bisa merngkak atau uda belajar berjalan.
Temen-temen capek juga kali ya ngingetin terus. Sampai tercetus oleh mereka nyebut kura malang itu dengan sebutan "kucel" karena emang bener-bener mirip baju gak dicuci bertaon-taon. Semakin lama ketahanan tubuhnya mulai menurun. Wajahnya pucat dan senyumnya tak lagi tergambar di wajahnya (ini kura wooyyy). Eh salah, gerak geriknya gak lagi lincah. Cuma dieeemmm aja. Ih... dia bete banget kali ya gak diperhatiin. Dia juga sempet bikin status FB "lebih baik akuuuu..mati bunuh diri daripada aku mati di tanganmu" (kura jaman megy jet ternyata -.-')
terus dia ganti nama FB nya jadi "Kooerrabennchhimuuhcellammanyah KkuPngenndhhChendirriih" (dasyhaar...kurrraaa aL4y). Hooooo...Tidaaaaaakkkk. Jangan benci aku. Tak ada niat sedikitpun melukai perasaanmu. Aku cuma sibuk, tolong ngertiin aku yah. Muupph yacchhh,,. :'(
Aku sangat mengkhawatirkan keadaannya. Sampai-sampai terbawa mimpi. Kita berada dalam sebuah lorong yang gelap. Lama kami saling bertatapan sebelum kucel perlahan menghilang ditelan kegelapan. Tanganku berusaha menggapainya dan manggil-manggil dia. Tapi dia meninggalkan aku. hukz hukzzz...
Aku terbangun. Hhh..untung cuma mimpi. Aku jadi inget dan pengen nengokin kucel.
Aku tertegun. tenggorokanku tercekat. Mata kelilipan. Demi melihat seonggok kucel terbujur kaku dalam keadaan terbalik tempurung di bawah mengambang di air. Akankah mimpiku tadi jadi kenyataan??? Aku goyang-goyangin kucel. Dia gak memberi respon apapun. Hwaaaaaa..... My nightmare came true.
(mulai nyakar-nyakar tembok). Kucel pergi untuk selamanya. Aku merasa bersalah uda nelantarin makhluk kecil tak berdosa itu. Kini semua terlambat. Hanya tinggal penyesalan.
Selamat jalan Kawan. Kau akan selamanya ku kenang....
Terus aku bingung, gimana nguburinnya ya di sekitar kosku gak ada tanah nganggur buat nyempilin tubuhnya. Gak mungkin dong aku kremasi. Apalagi harus di awetkan terus dijadiin gantungan kunci.
Uda mentok, akhirnya aku bungkus jasad kucel pake kresek item. Pas aku mau ngampus aku taruh deh di bawah pohon pinggir jalan setelah tengak tengon kanan kiri gak ada orang yang ngeliat. Muka BURONAN!!!!
Maap kuceeelll...
Semoga kamu bahagia disana..... bertemu dengan bidadari-bidadari yang cantik jelita...

ngemeng-ngemeng kucel berjenis kelamin apa ya???
abisnya dia keburu mati si sebelum aku buatin KTP.. haassshhhh....




2 comments: